Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk

Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk - Guci merupakan salah satu objek wisata yang ada di kota Tegal. Wisata yang satu ini sudah cukup populer oleh kalangan warga tegal dan luar kota seperti, Purwokerto, Pekalongan, Brebes dan kota-kota lain yang masih dekat dengan Kabupaten Tegal.

Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk


Objek wisata pemandian air panas Guci ini berada di Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Area wisata Guci ini memiliki luas sekitar 210 Ha dan terletak di bawah kaki Gunung Slamet bagian utara yang memiliki ketinggian 1.050 meter. Dan jika ditempuh dari kota Slawi jaraknya kurang lebih 30 kilometer, sedangkan jika dari pusat Kota Tegal jaraknya 40 kilometer.

Objek wisata pemandian air panas Guci ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu maskot pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Tegal. Selain memiliki pemandangan alam yang indah dengan view Gunung Slamet, wisata pemandian air panas yang ada di lokasi ini juga merupakan air panas yang tidak mengandung racun dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit gatal.

Pemandian air panas Guci ini juga kerap dijadikan alternatif utama untuk menghabiskan waktu berlibur bersama dengan keluarga, sahabat atau bahkan pasangan anda. Disini kalian dapat menikmati indahnya pemandangan, menikmati segarnya udara di kawasan lereng Gunung Slamet yang segar.

Sejarah Objek Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal


Sejarah singkat mengenai objek wisata Guci ini bermula setelah ditemukan sumber mata air yang juga telah diteliti dan memang tidak mengandung racun. Dan akhirnya pada tahun 1974 pemandian air panas resmi dibuka untuk umum dengan berbagai fasilitas yang masih seadanya atau alami.

Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk


tempat pemandian air panas Guci ini juga konon merupakan daerah kekuasaan dari dayang Ratu Pantai Selatan yakni Nyi Roro Kidul yang ditugaskan di sungai sebelah utara Gunung Slamet dan lebih dikenal dengan nama Kali Gung. Kemudian di kawasan ini juga terdapat dua pohon, yaitu pohon beringin dan juga pohon karet yang konon sudah berumur ratusan tahun lebih yang dahulu ditanam oleh Eyang Sudi Reja dan Mbah Abdurahim pada awal tahun 1918.

Objek wisata Guci memang masih menyimpan sejuta misteri yang masih banyak yang belum terungkap, namun apalah itu kita sebagai manusia harusnya lebih menjaga dan melestarikan objek wisata yang satu ini. Ada satu mitos yang paling menarik di Objek wisata yang satu ini, yang mana air panas yang ada di pemandian air panas Guci ini konon mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang.

Jika kalian menuju ke objek wisata yang satu ini, kalian juga dapat menikmati beberapa wahana wisata lain seperti Pancuran 13, Pancuran 7, Pancuran 5 dan juga kolam renang yang bisa menjadi wahana bermain anak-anak. Maka tak heran jika objek wisata yang satu ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga wisatawan luar kota.

Tiket Masuk Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

 
Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk


Harga tiket masuk ke pemandian air panas Guci Tegal ini juga cukup terjangkau dan sangat murah. Tarif yang dipatok untuk anak-anak pada hari libur adalah Rp 6500 dan untuk hari biasa Rp 4500. Sedangkan untuk dewasa Rp 5000 pada hari biasa dan Rp 7000 untuk hari libur atau weekend.

Rute Menuju Lokasi Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

 

Pemandian Air Panas Guci Tegal, Lokasi, Rute, Tiket Masuk

 


Sedangkan untuk rutenya, akses jalan menuju lokawisata Guci Tegal ini cukuplah mudah, karena dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum seperti Bus dan juga kendaraan pribadi. Jika kalian berada didaerah purwokerto, kalian hanya membutuhkan 2 jam lama perjalanan. Atau jika kalian berada diluar kota, kalian dapat menggunakan google map untuk mencari lokasi wisata Guci yang satu ini atau mungkin dapat bertanya ke warga ketika sampai di Kabupaten Tegal.

Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai lokawisata pemandian air panas Guci Tegal, rute lokasi dan harga tiket masuk yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terima kasih.