7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018  - Salah satu kota di Indonesia yang menjadi sentra batik adalah Pekalongan. Disini banyak sekali para pekerja batik yang menjual hasil karya batiknya di pasar batik Pekalongan. Ramai nya wisatawan yang datang ke Pekalongan hanya untuk membeli Batik ini. Dikarenakan harga batik Pekalongan murah dan kualitasnya bagus.

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018



Di Kota ini tumbuh subur butik batik yang bisa kalian datangi. Lokasi wisata batik Pekalongan ini juga mudah untuk ditemukan. Untuk lebih jelasnya mengenai daftar tempat wisata batik Pekalongan, silahkan kalian lihat dibawah ini.

Tempat Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Kalian Kunjungi


1# Museum Batik


7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Dulunya Museum Batik dijadikan sebagai kantor administrasi pabrik gula pada jaman Belanda. Namun sekarang beralih dijadikan Museum Batik. Lokasi nya berada di Jalan Jetayu Nomor 10. Diperkirakan Museum Batik Pekalongan sudah mempunyai 1149 koleksi. Disini kalian bisa melihat jenis motif batik dan alat pembuatan batik. Selain itu kalian juga bisa belajar cara membuat batik pekalongan.

2# International Batik Center 

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Kalau kalian sedang berada di Pekalongan rasanya masih kurang jika tidak datang ke International Batik Center. Di tempat ini terdapat banyak macam kerajinan batik. Lokasi International Batik Center berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 573 Wiradesa, Pekalongan. Selain melihat, kalian juga bisa membeli baju batik khas Pekalongan dengan harga murah.

3# Kampung Wisata Batik Kauman

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Pekalongan juga memiliki tempat wisata batik yang berupa sebuah kampung namanya kampung wisata batik Kauman. Di Kampung ini kalian akan mendapatkan ilmu bagaimana cara pembuatan batik khas Pekalongan. Buat kalian yang ingin berkunjung ke sini, maka kalian harus ke Jalan Hayam Wuruk. Kawasan kampung batik Kauman menjadi kampung yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan baik pada hari libur maupun pada hari biasa.

4# Pusat Grosir Pekalongan

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Buat yang ingin berbelanja batik dengan harga grosir, maka bisa datang ke pusat grosir Pekalongan. Disini kalian bisa membeli baju batik dengan harga murah. Setidaknya kota Pekalongan mempunyai 3 pasar grosir batik diantaranya pasar grosir sentono, grosir gamer dan juga grosir mm. Semua pasar grosir ini bisa kalian temukan di Jalan Dr Soetomo.

5# Kampung Batik Wiradesa

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Selain ada kampung batik Kauman, kota Pekalongan juga memiliki sentra penghasil batik lainnya yakni kampung batik Wiradesa. Selain bisa berbelanja batik murah, kalian juga bisa mengetahui proses pembuatan kain batik dan menggambar motif batik. Workshop batik yang paling terkenal disini adalah workshop batik Wirokuto yang untuk harga sehelai kain batik Wirokuto berjenis cap dengan kombinasi tulisan di banderol sekitar Rp 150 ribu sampai 2 juta rupiah.

6# Pasar Batik Setono

7 Wisata Batik Pekalongan Yang Wajib Di Kunjungi 2018


Di pasar grosir setono terdapat banyak sekali aneka pernik rumah dari batik yang bisa kalian beli dengan harga murah. Buat yang ingin membeli kain korden yang terbuat dari ATBM alias alat tenun bukan dari mesin atau bisa juga taplak batik maka bisa datang ke pasar batik setono. Pasar batik setono ini memang menjadi surga belanja batik di kota Pekalongan.

7# Batik ART Oey Soe Tjoen

Salah satu batik yang legendaris di pekalongan adalah batik art Oey Soe Tjoen. Kalian bisa menemukan batik ini di Jalan Raya Kedungwuni 104. Perlu diketahui bahwa batik art Oey Soe Tjoen sudah dikenal sejak tahun 1925. Dan saking terkenalnya, batik ini menjadi buruan para kolektor batik dari seluruh dunia.




Ciri batik art Oey Soe Tjoen asli adalah kain batik yang memiliki motif jika di bolak balik pada pagi sore akan mempunyai gambar yang berbeda. Yang istimewanya lagi, membuat batik Art Oey Soe Tjoen ini membutuhkan proses salam 1,5 tahun lebih. Sehingga tidak heran jika harga batik art Oey Soe Tjoen ini sangatlah mahal. Dan menjadi buruan para kolektor.

Itulah informasi mengenai wisata batik Pekalongan yang wajib untuk kalian tahu. Dan jika nanti sudah berniat berkunjung ke kota Pekalongan. Jangan lupa untuk kunjungi tempat wisata batik Pekalongan diatas.