Tempat Wisata Hits di Cirebon Yang Penuh Dengan Sejarah

Berkunjung ke Jawa Barat khususnya daerah Cirebon tentu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah penghasil batik Cirebonan ini. Ada beberapa tempat wisata di Cirebon yang wajib untuk dikunjungi saat Anda singgah ke daerah yang berlokasi di daerah pantura ini. Kota yang satu ini memang terbilang memiliki suasana yang unik pasalnya meski udaranya cukup panas pada siang hari namun terkesan menenangkan. Tidak hanya itu, hampir di beberapa penjuru kota tersebar semacam gapura yang terbuat dari batu bata merah. Meski belum jelas apa kegunaannya namun besar kemungkinan gapura tersebut adalah bagian dari kraton kesultanan Cirebon.

Beberapa tempat wisata di Cirebon yang sayang jika dilewatkan

Ada banyak sekali tempat wisata di Cirebon yang wajib Anda kunjungi saat singgah di daerah Cirebon. Saking banyaknya mungkin Anda memerlukan beberapa hari untuk bisa mengunjungi ke semua tempat wisata yang ada. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berlibur di Cirebon:

#1. Keraton Kasepuhan

Tempat Wisata Keraton Kasepuhan di cirebon

Tempat wisata di Cirebon pertama yang sangat sayang jika dilewatkan adalah Keraton Kasepuhan. Tempat yang satu ini merupakan tempat paling favorit bagi para pelancong yang datang ke Cirebon sehingga jangan heran apabila tempat tinggal para keluarga kerajaan Cirebon ini cukup ramai dikunjungi oleh para pengunjung khususnya pada akhir pekan atau pada musim liburan. Keraton Kasepuhan konon dibangun oleh Pangeran Mas Mochamad Arifin II pada tahun 1529. Salah satu tradisi unik dari keraton ini adalah akan dikeluarkannya benda-benda pusaka yang ada dalam keraton pada tanggal 1 Syawal. Salah satu benda pusaka yang  cukup menarik perhatian adalah kereta singa.

#2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata hits taman sari gua sunyaragi cirebon

Tempat wisata yang ada di Cirebon selanjutnya adalah Taman sari gua Sunyaragi yang merupakan tempat wisata yang cukup unik. Pasalnya tempat ini memiliki beberapa bangunan berupa pesanggrahan dan beberapa gua alami yang jika dilihat dari luar akan mirip seperti bangunan candi. Tempat ini merupakan tempat untuk mencari ketenangan dari para keluarga kerajaan mengingat tempat ini terdiri dari sunya yang berarti sepi dan ragi yang berarti raga.

#3. Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata hits Banyu Panas Palimanan cirebon

Apakah Anda ingin berwisata ke tempat pemandian alami di Cirebon? Jika iya tempat wisata di Cirebon yang paling cocok adalah Banyu Panas Palimanan. Objek wisata yang satu ini berada di Kecamatan Palimanan tepatnya di Desa Palimanan Barat yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sampai 30 menit saja dari pusat kota Cirebon. Kandungan belerang yang ada di pemandian air panas ini dipercaya mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit kulit.

#4. Keraton Kanoman

Tempat wista hits keraton kanoman cirebon jawa barat

Bagi Anda yang masih ingin mengunjungi tempat bersejarah di Cirebon, Anda bisa mengunjungi Keraton Kanoman. Lokasi keraton ini hanya 600 meter dari keraton Kasepuhan. Keraton yang satu ini merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menyimpan beberapa benda pusaka dari kerajaan Cirebon. Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Cirebon, Anda bisa mendatangi pasar yang terletak antara keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman.

#5. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Tempat wisata hits masjid agung sang cipta rasa cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan tempat wisata di Cirebon yang masuk dalam wisata religi. Lokasi masjid yang dekat dengan keraton Kasepuhan  membuatnya lebih dikenal sebagai masjid Kasepuhan. Bagi Anda yang beragama islam, Anda bisa melaksanakan ibadah shalat dengan sangat nyaman mengingat suasana masjid yang sangat kondusif.

#6. Objek wisata Cibulan

Tempat wisata hits Cibulan cirebon

Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang ada di Cirebon, di tempat wisata ini Anda akan disuguhi tempat pemandian lengkap dengan ikan-ikan yang berenang. Konon ikan tersebut merupakan para pengawal yang dikutuk karena tidak setia sehingga sangat dilarang untuk mengambil ikan di daerah ini.

Beberapa tempat di atas hanyalah beberapa contoh tempat wisata yang ada di Cirebon. Masih ada banyak sekali tempat wisata di Cirebon yang bisa Anda dan keluarga kunjungi seperti Wanawisata Ciwaringin, Taman Ade Irma Suryani Nasution, Desa Wisata Cikahalang, Situ Sedong, dan kampung batik Trusmi.

Post a Comment for "Tempat Wisata Hits di Cirebon Yang Penuh Dengan Sejarah"