5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi  - Cirebon merupakan salah satu kota yang banyak mempunyai  tempat wisata yang menarik dan indah,  yang berlokasi  di pesisir utara Jawa Barat, berbatasan dengan Jawa Tengah, menjadikan Cirebon sebagai kota yang memadukan budaya Eropa, Cina, dan Arab. Berkunjung ke Cirebon, anda akan menikmati wisata sejarah dan kuliner.

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi


Cara paling praktis dan murah untuk mengunjungi tempat wisata di Cirebon ialah naik angkutan kota (angkot). Angkot dengan awalan  mempunyai  rute ke berbagai sudut kota Cirebon, sementara angkot yang awalannya G, melayani sampai Kabupaten Cirebon.

Ongkos angkot ini bervariasi sekitar Rp 3.000 - Rp 4.000 sekali jalan. Tetapi  kalau kamu pergi beramai-ramai,  tak ada salahnya untuk sewa mobil karena sangat praktis dan rasanya lebih ekonomis untuk mengunjungi tempat wisata di Cirebon. Harga sewa mobil di Cirebon sekitar Rp 400 ribu untuk 16 jam pemakaian.

Sejak 15 Juni 2015, Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai beroperasi. Jarak Jakarta - Cirebon kini dapat ditempuh sekitar tiga jam berkendara. Jalan tol sepanjang 116 kilometer ini menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, serta memperpendek jarak tempuh Cirebon dari Jakarta hingga 40 kilometer.

Kalau kamu lebih senang naik kereta, tersedia cukup banyak perjalanan setiap hari dalam berbagai kelas. Ada Cirebon Express (kelas Bisnis dan Eksekutif), Argo Jati (kelas Eksekutif). Juga seluruh kereta ke arah timur pulau Jawa dipastikan melewati Cirebon ini. Kamu dapat  turun di stasiun Kejaksan atau stasiun Cirebon untuk memulai tempat  wisata di Cirebon. Berikut ini akan kami bahas dan rangkum 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi  Simak dibawah ini :

1# Tempat Wisata Keraton Kasepuhan

Dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada 1479 sebagai Kerajaan Islam, namun menggunakan arsitektur Hindu dengan pernik-pernik penghias bangunan yang diadopsi dari Cina, mencerminkan jejak percampuran budaya di setiap sudut bangunan Keraton Kasepuhan.

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi


Tempat wisata di Cirebon Keraton Kasepuhan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 dengan harga tiket Rp 20 ribu per orang yang sudah termasuk pemandu, Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata sejarah di Cirebon yang perlu dikunjungi.

2# Tempat Wisata Taman Sari Gua Sunyaragi

Sunyaragi yang dulu dikelilingi Danau Jati adalah peristirahatan Sultan Cirebon. Ada sebuah gua besar, disebut Goa Peteng, yang dikelilingi 10 gua kecil membuat tempat ini sebagai tempat meditasi Sultan.


5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi

Di belakang pintu masuk Taman Sari Gua Sunyaragi terdapat dua ruangan kecil berdinding batu bata yang hanya muat satu orang. Menurut mitos, ruangan kecil itu bisa tembus ke Mekah dan China lho .... Namun hanya mitos saja.

Tempat wisata di Cirebon ini memang terkenal sebagai tempat yang mistis. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00, tiket masuknya sebesar Rp 15 ribu per orang sudah termasuk jasa pemandu.

3# Tempat Wisata Batik Trusmi

Batik Trusmi berawal dari Ki Gede Trusmi, salah seorang pengikut Sunan Gunung Jati yang mengajarkan seni membatik sambil menyebarkan Islam. Dari Desa Trusmi inilah muncul motif-motif batik klasik Cirebonan, termasuk Megamendung.


5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi

Kini di desa yang dipenuhi toko batik ini, kamu tidak hanya dapat menikmati kain-kain cantik dengan motif khas Cirebon, tapi juga terdapat kerajinan tangan, oleh-oleh, hingga pusat kuliner. Sehingga tidak heran apabila Batik Trusmi sudah menjadi tempat wisata di Cirebon yang terkenal.

4# Tempat Wisata Museum Linggarjati

Linggarjati adalah nama sebuah desa kecil di kaki Gunung Ciremai, tempat pernah dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati antara Indonesia dan Belanda pada 11-12 November 1946. Rumah tua bergaya kolonial yang sempat menjadi hotel dan markas militer ini tetap mempertahankan suasana ketika perundingan berlangsung.


5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi

Saat ini, di tempat wisata Linggarjati ini selain foto-foto perundingan, terdapat pula diorama perundingan, kamar-kamar tempat para tamu perundingan menginap. Semua masih ada dengan pengaturan yang rapih. Museum Linggarjati menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Kuningan.

5# Tempat Wisata Ikan Dewa Cibulan

Berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai ikan dewa, ukuran ikan ini beragam mulai 20 sentimeter hingga satu meter. Ikan ini disebut Ikan Dewa karena dikeramatkan penduduk setempat yang mempercayai ikan-itu adalah jelmaan dari para prajurit yang membangkang selama masa pemerintahan Prabu Siliwangi.

5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi


Konon katanya jumlah ikan-ikan ini tidak pernah berkurang atau bertambah dari dulu. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang, namun pada saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi. Sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena takut mendapat bencana.

Di sudut barat pemandian Ikan Dewa Cibulan ini terdapat 7 sumber mata air keramat yang salah satunya dihuni oleh kepiting emas, yang konon katanya bila seseorang dapat melihatnya, maka dipercaya segala keinginannya akan terkabul. Entah percaya atau tidak, tempat wisata Ikan Dewa Cibulan ini tetap ramai dikunjungi para wisatawan.

Demikin artikel yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Tempat Wisata Menarik di Cirebon yang Wajib Anda Kunjungi yang bisa anda jadikan referensi untuk tujuan destinasi wisata anda dan juga menamba waawasan anda. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.