Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi - Kawasan Gunungkidul, merupakan salah satu kawasan yang mempunyai  banyak tempat  wisata menarik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, bahkan di hari biasa. Ada banyak sekali tempat menarik yang dapat kamu kunjungi di sini, khususnya jika kamu ingin berwisata pantai karena wilayah Gunungkidul memiliki sekitar 15 buah pantai yang menarik dan memiliki ciri khas masing-masing.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Namun, tidak hanya pantainya saja yang mampu memikat pengunjung. Terdapat pula goa, air terjun serta gunung yang mempunyai  daya tarik tersendiri, bahkan bagi wisatawan asing. Berikut akan kami bahas dan rangkum 10 Tempat Wisata di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi yang akan kami bahas dibawah ini :

1# Tempat Wisata Pantai Timang

Tempat  wisata yang satu ini sudah sangat terkenal di antara para wisatawan asing. Berlokasi di Padukuhan Danggolo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Pantai Timang sesungguhnya adalah sebuah tebing tinggi di tengah hamparan laut dan wisata Pantai Timang ini tampaknya memang khusus diperuntukkan bagi siapa saja yang suka menguji adrenalin.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Betapa tidak? Di Pantai Timang terdapat sebuah gondola yang akan menghubungkan Pantai Timang dengan pulau di depannya, di mana gondola ini akan ditarik secara manual dengan tenaga manusia. Namun jangan khawatir. Seluruh petugas selalu memastikan keamaannya, kok. Tapi tetap saja kamu akan merasakan sensasi berdebar-debar ketika menyeberangi pantai ini dengan gondola di tengah hamparan laut yang dalam.

2# Tempat Wisata Goa Jomblang

Tidak banyak wisata goa di Indonesia. Salah satu wisata goa yang paling terkenal bahkan di dunia adalah Goa Jomblang, Gunungkidul Jogja. Di sini, kamu bisa melihat ray of light-nya yang sangat indah di jam-jam tertentu dan melihat hutan purba yang masih sangat dijaga keasliannya. Untuk dapat mencapai goa ini, kamu harus turun terlebih dahulu dengan menggunakan tali sedalam 70 meter yang ditarik oleh warga atau petugas setempat.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Untuk dapat mencapai lokasi Goa Jomblang, kamu perlu berkendara selama 2 jam dari pusat kota Jogja. Tempat wisata ini menyediakan fasilitas antar jemput dengan mobil dengan biaya sewa sebesar 400.000 rupiah per mobil. Sedangkan biaya masuk Goa Jomblang sendiri adalah 450.000 rupiah per orang.

3# Tempat Wisata Goa Pindul

Tempat Wisata Goa di Gunungkidul yang satu ini juga sudah sangat terkenal. Saking terkenalnya, tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan tiap akhir pekan atau pun libur panjang. Keindahan Goa Pindul serta asyiknya bermain di air terjun di sungai Oyo merupakan alasan kenapa ada banyak sekali wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini.


10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Kamu bisa menjelajahi goa sambil bermain air dari atas pelampung ban yang bisa kamu sewa di sini. Terdapat berbagai paket wisata yang bisa kamu ikuti dengan biaya antara 30.000 hingga 45.000 rupiah per orang untuk wisatawan lokal dan hingga 50.000 rupiah untuk wisatawan asing. Tapi jika kamu ingin puas menjelajahi Goa Pindul, sebaiknya datanglah selain di akhir pekan atau peak season agar leibh puas bermain tanpa harussupaya tidak berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

4# Tempat Wisata Pantai Sadranan

Masing-masing pantai yang terletak di Gunungkidul memang memiliki keunikan tersendiri. Pantai Sadranan ini misalnya, merupakan pantai yang paling asik untuk melakukan kegiatan snorkeling karena air di pantai ini sangat jernih serta memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah dan terjaga. Namun, pemandangan di atas lautnya juga tidak kalah menarik, loh.


10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Pasir pantai yang putih bersih akan dapat kamu lihat dan rasakan di atas kakimu ketika berada di Pantai Sadranan. Pesona keindahan baik di atas maupun bawah lautnya akan menyihirmu sehingga tanpa sadar, kamu sudah menghabiskan banyak waktu di sini hingga kulitmu terbakar matahari.

5# Tempat Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk ini tergolong unik karena merupakan satu-satunya gunung api purba di Jogja yang terbuat dari pembekuan magma. Usianya bahkan lebih dari 60 juta tahun. Di sini kamu bisa melihat betapa indahnya hutan-hutan yang berada di sekitar puncak gunung, hamparan awan yang cantik dan terbitnya matahari yang semakin memanjakan matamu.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Sangat cocok untuk kamu yang sedang berbulan madu. Terdapat sebuah embung, yaitu tempat yang dibuat seperti kolam untuk menampung air yang dapat digunakan untuk mengairi kebun durian, rambutan, dan kelengkeng di sekitar embung. Spot ini juga merupakan spot menarik untuk mengambil foto.

6# Tempat Wisata Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang memiliki kesan eksotik tersendiri. Terdapat beberapa bangunan kuno yang menjadi ciri khasnya, di mana asal usul bangunan-bangunan ini memiliki sejarah menarik untuk diketahui siapa saja yang mengunjunginya. Terlihat patung-patung dewa yang sering dijadikan tempat pemujaan Brawijaya V, yang merupakan salah satu keturunan raja Majapahit.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Tidak hanya patung-patung tempat pemujaan ini yang menjadi daya tariknya. Namun, kamu juga bisa melihat pemandangan pantai yang tak kalah eksotiknya di bagian bawah tebing. Terdapat berbagai macam binatang laut serta tanaman seperti rumput laut yang berada di sela-sela batu karang di tempat ini.

7# Tempat Wisata Pantai Baron

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa pantai ini dinamai Pantai Baron? Nama Baron. Sesungguhnya diambil dari nama seorang bangsawan Belanda bernama Baron Skeber karena dulu ia perah mendaratkan kapalnya di pantai ini. Pantai Baron selalu ramai pengunjung karena akses untuk menuju pantai ini tergolong mudah dilalui kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Yang paling menarik dari pantai ini adalah deretan warna-warni sampan-sampan kecil nelayan yang sedang parkir di atas pantai yang mana akan semakin menyemarakkan foto instagram-mu. Selain itu, di sini kamu dapat menikmati sajian olahan ikan-ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan. Ya, Pantai Baron juga sangat terkenal dengan hasillautnya yang melimpah.

8# Tempat Wisata Pantai Jogan

Ciri khas pantai ini adalah pemandangan alami tebing-tebing dan air terjun yang berhadapan dengan laut lepas. Pantai Jogan mungkin satu-satunya yang memiliki pemandangan indah ini, di mana air yang jatuh dari tebing akan bertemu dengan laut lepas secara langsung.


10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Jika kamu ingin merasakan sensasi mandi dari air terjun yang berasal dari tebing, maka kamu harus turun ke bawah, menuju ombak dan air laut. Kamu bisa menggunakan jalan setapak dengan hati-hati karena jalan setapak ini biasanya akan licin terguyur air. Tidak hanya itu, di balik batu karang di sekitar air terjun bermuara, terdapat anak-anak kepiting transparan yang mungkin tidak mudah terlihat.

9# Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Ada banyak tempat wisata air terjun di Indonesia dan salah satu yang terindah dan menarik adalah Air Terjun Sri Gethuk. Di sini kamu bukan hanya sekedar dapat menikmati pemandangan indah untuk berfoto di depan air terjun alami, tapi juga dapat berenang dan bermain di sekitar bebatuan yang menjadi landasan air terjun tersebut.


10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi

Di sekitar tempat ini, kamu juga dapat melakukan aktifitas memancing. Untuk dapat mencapai tempat ini, kamu dapat menggunakan perahu rakit yang telah tersedia untuk mengarungi sungai Oya yang akan membawamu ke air terjun yang sangat cantik ini. Dijamin, kamu akan betah berlama-lama menikmati keindahan Air Terjun yang juga dilengkapi dengan beberapa mitos serta legenda ini.

10# Tempat Wisata Bukit Bintang

Jika kamu ingin menghabiskan malam yang romantis bersama pasangan, maka kunjungilah Bukit Bintang Gunungkidul yang masih terletak di kawasan Patuk. Tempat ini sangat ramai dikunjungi di malam hari karena dari sini kamu bisa melihat lampu-lampu yang berasal dari pemukiman yang berada di bawah bukit.

10 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi


Sambil menikmati pemandangan yang cantik dan romantis tersebut, kamu bisa memesan makanan atau cemilan hangat untuk mengenyangkan perut seperti jagung bakar dan minuman jahe. Namun, meskipun pemandangan dari Bukit Bintang lebih asik dinikmati di malam hari, pemandangan di tempat ini yang akan terlihat di siang hari juga tidak kalah cantiknya. Kamu akan menikmati pemandangan dengan udara yang hangat dan nyaman, yang memberi kesan berbeda jika kamu mengunjunginya di malam hari.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai 10 Tempat Wisata di Gunungkidul Jogja yang Menarik untuk Kamu Kunjungi yang bisa anda jadikan referensi untuk tujuan destinasi liburan anda dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya.