Lokasi Curug Panjang, Tempat Menikmati Keindahan Sungai Cirangrang

Lokasi Curug Panjang, tepatnya berada di kawasan Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, jika berangkat dari Bogor jaraknya kurang lebih 20,5 km. Di Curug Panjang ini bahkan sudah ada fasilitas yang memadai, mulai dari shelter, loket karcis, jalur tracking, toilet, areal camping, Musholla.

Lokasi Curug Panjang, Tempat Menikmati Keindahan Sungai Cirangrang

Memang Curug Panjang ini adalah salah satu dari objek wisata alam hits yang terdapat di kota hujan. Apabila Anda bandingkan antara curug ini dengan berbagai curug lainnya yang Anda temukan pada kota Bogor, memang nama dari Curug Panjang masih kalah tenar dibandingkan Curug Cilember atau Curug Nangka. Walaupun begitu kawasan ini masih dapat dijadikan sebagai alternatif kunjungan wisata pada akhir pekan. Bahkan lokasinya pun juga tidak begitu jauh, dapat ditempuh sekali jalan saja.


Akses ke Curug Panjang

1. Melalui jalan raya Bogor Puncak, berangkat dari Ciawi
2. Belok kiri pada pertigaan Megamendung, sebelah Masjid yang bernama “Jami Nurul Huda”
3. Melewati Unilever Learning Center
4. Ambil kanan ketika Anda lewat Mega Training Center
5. Anda akan melihat Pusdik Reskrim Polri
6. Terus jalan melewati kawasan hutan pinus sampai bertemu rumah besar dengan warna biru pada sisi kanan

Anda harus berhati-hati karena medan jalanannya menanjak, juga mengecil, karena itu hanyalah muat 1 mobil sementara pada sisi kanan jalan itu ada jurang juga rumah penduduk.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk kawasan Curug Panjang, Anda tidak harus membayar mahal-mahal. Di mana Anda cukup membayar sebesar Rp 12.000,00 plus Rp 3.000,00 jika Anda menggunakan kendaraan bermotor. Jika berangkat dari gerbang masuk, maka Anda harus berjalan kaki menuju dasar curug, tidak terlalu jauh, jaraknya antara 300 sampai dengan 400 Meter saja. Tetapi yang merepotkan karena jalannya bertanah, karena itu menjadi sedikit licin, tangga yang harus Anda lewati pun akan menguras tenaga, walaupun tidak banyak.

Yang Unik dari Curug Panjang

Jika Anda sudah pernah berkunjung ke Curug lainnya yang ada di kota Bogor, mungkin Anda bingung apakah yang menjadikan Curug Panjang ini lebih istimewa dibandingkan curug yang lainnya? Jawabannya yakni pada bentuk curug tersebut. Di mana bentuk dari Curug Panjang itu vertikal. Padahal curug umumnya berbentuk meninggi atau horizontal. Selain itu Curug Panjang juga memiliki arus yang deras, karena itu akhirnya membentuk kolam biru yang agak kehijauan di bawahnya. Karena arus yang deras tersebut, jika Anda ingin berenang di kolam tersebut harus berhati-hati, sebab kolam tersebut cukup dalam, yakni 6 Meter, arus di bawahnya juga cukup deras. Sekian artikel mengenai lokasi Curug Panjang, tempat menikmati keindahan sungai Cirangrang, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Lokasi Curug Panjang, Tempat Menikmati Keindahan Sungai Cirangrang"