Daftar Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi

Tegal mungkin sudah tidak asing lagi di mata orang Indonesia karena Tegal sudah sangat terkenal dengan warteg atau Warung Tegal yang terkenal murah. Selain itu, bahasanya yang ngapak juga merupakan ciri khas dari Tegal yang tak bisa dilepaskan. Tegal sendiri memiliki tempat wisata yang sangat beragam karena letaknya yang cukup dekat dengan Gunung Slamet maupun pantai utara Jawa. Alhasil, banyak tempat wisata unik dan bagus yang bisa ditemui wisatawan ketika berkunjung ke Tegal. Apabila anda sedang berlibur ke Tegal dan butuh referensi soal tempat wisata di Tegal yang terkenal dan sedang hits, silakan baca beberapa rekomendasi berikut ini.

Rekomendasi tempat wisata di Tegal


Bukit Batu Agung.

bukit batu agung tegal lokasi goa lawa balapulang

Tempat wisata yang satu ini memang sedang booming dan hits di kota Tegal karena pemandangan yang ditawarkan. Bukit Watu Agung juga sering disebut dengan Bukit Goa Lawa yang terletak diantara 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan juga Desa Bukateja di Kecamatan Balapulang. Obyek wisata Bukit Batu Agung merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan Tegal dari atas batuan. Batuan ini cukup tinggi dan besar sehingga lebih tinggi dari pepohonan sekitar. Ketika berada di puncak bukit, wisatawan akan melihat panorama desa yang hijau dan sangat memukau. Namun untuk bisa sampai di atas, pengunjung akan menaiki batuan yang cukup ekstrim dan terjal sehingga butuh nyali yang tinggi untuk bisa mencapai puncak. Selain itu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan guide saat menaiki batuan ini karena akan sangat berbahaya jika dilakukan sendirian tanpa dampingan guide. Mengunjungi bukit Batu Agung juga sangat tidak disarankan apabila hari sedang hujan atau setelah hujan. Ini dikarenakan medan yang ditempuh akan sangat licin sehingga akan berbahaya bagi wisatawan. Ketika berada di atas bukit, aktifitas selfie adalah hal yang sangat dinanti karena hasil fotonya akan sangat bagus. Tiket masuk ke tempat wisata ini juga sangat murah yakni cuma 5 ribu rupiah per orang.


Jembatan Gantung Danawarih.

sejarah jembatan gantung danawarih asal usul

Tempat wisata hits di Tegal lainnya adalah Jembatan Gantung Danawarih yang berada di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Tegal. Jembatan ini memang memiliki pemandangan yang cukup indah dan instagramable sehingga banyak kawula muda yang memanfaatkannya untuk tempat liburan sekaligus menjadi spot selfie atau untuk hunting foto. Keindahan yang ditawarkan oleh jembatan ini tentu tidak kalah dengan pemandangan dari Jembatan Gantung Selopamioro yang sudah terkenal di Bantul, Jogja. Jembatan Gantung Danawarih sendiri merupakan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan 2 desa yaitu Desa Danawarih dan Desa Sangkanjaya dan dibawah jembatan terdapat sungai bernama Kali Gung. Di jembatan ini, wisatawan akan melihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata sekaligus membuat stress menjadi hilang.


Danau Beko Mergasari. 

danau beko tegal ditutup di margasari memakan korban karangdawa jatilaba slawi kota jawa tengah karangasem karang asem alamat arah artikel brebes balapulang berita cerita

Masih belum puas berkunjung ke tempat wisata di Tegal? Yuk lanjutkan wisatamu ke salah satu danau yang sedang hits di kalangan anak muda Tegal. Namanya adalah Danau beko Mergasari yang terletak di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Mergasari. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan tebing yang menjulang tinggi. Ini dikarenakan dulunya tempat ini bukanlah danau melainkan penambangan batu kapur. Cekungan yang ada membuat air hujan menjadi tertampung dan akhirnya membentuk sebuah danau indah. Airnya yang cukup jernih berwarna kebiruan membuat pesona Danau Beko menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Waktu yang paling pas untuk menikmati pemandangan di danau ini adalah pada saat pagi hari atau sore hari karena pemandangannya akan sangat indah. Karena tempat ini belum terdapat pengelolanya, maka pengunjung yang mengunjungi danau ini tidak perlu membayar tiket masuk alias masih gratis.


Curug Putri Tegal. 

curug putri tegal jawa tengah indonesia letak peta kabupaten tempat bumijawa wisata di alamat objek

Curug atau air terjun memang menjadi tempat wisata yang cukup menarik perhatian wisatawan. Hal ini dikarenakan rata-rata air terjun di Tegal masih sangat alami dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Salah satu air terjun yang cukup terkenal di Tegal adalah Curug Putri Tegal. Curug ini memiliki ketinggian 25 meter dengan air yang masih sangat jernih dan segar. Selain itu, bukit yang terjal dengan tekstur yang unik membuat keindahan air terjun ini semakin mempesona. Namun untuk menikmati itu semua, wisatawan yang ingin berkunjung ke Curug Putri Tegal harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak.


Curug Cantel. 

curug cantel sigedong tegal jawa tengah lokasi di bumijawa

Ada lagi air terjun yang bisa dikunjungi ketika berwisata di Tegal yakni air terjun Cantel. Lokasi air terjun ini berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Untuk dapat menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung diharuskan berjalan kaki berlawanan dengan aliran sungai sejauh 500 meter. Karena sungainya terdapat banyak bebatuan besar, maka disarankan untuk memakai alas kaki yang khusus untuk aktifitas outdoor. Ketika sampai di air terjun, anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun dengan ketinggian 60 meter dan disertai air yang sejuk dan jernih. Rasa lelah dan letih setelah trekking akan hilang seketika saat sampai di air terjun. Curug Cantel ini dikelilingi oleh tebing yang cukup terjal dan ditumbuhi aneka jenis rumput dan lumut berwarna hijau sehingga menambah keeksotisan tempat ini. Anda bisa melakukan foto selfie ataupun hunting foto di tempat ini karena lokasinya yang instagramable.


Pemandian Air Panas Guci. 

pemandian air panas guci tegal jawa tengah jogja di 52466 jateng pemalang guciku indonesia slawi map pekalongan brebes kasihan sejarah harga peta foto alamat asal usul mula jam buka cerita hotel dekat villa

Mungkin tempat wisata di Tegal yang satu ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Tegal. Tak lengkap rasanya jika berwisata ke Tegal namun belum mengunjungi Pemandian Air Panas Guci yang terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa. Tempat wisata yang satu ini memang sudah sangat terkenal oleh wisatawan Tegal dan sekitarnya karena menyajikan pemandian air panas yang menyegarkan sekaligus dapat menghilangkan beberapa penyakit kulit. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet membuat udara di sekitar pemandian menjadi sejuk. Selain itu, fasilitas yang cukup lengkap di Pemandian Air Panas Guci membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti pemandian air panas, penginapan, air terjun, dan lainnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Tegal yang sedang hits dan cukup populer di kalangan traveler. Selain daftar tempat wisata diatas, masih banyak tempat wisata lainnya di Tegal yang bisa anda kunjungi. Jangan lupa pula untuk menikmati aneka sajian kuliner khas Tegal yang akan membuat lidah bergoyang.

Post a Comment for "Daftar Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi"