Daftar Tempat Wisata Terkenal di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Terkenal di Klaten yang Wajib Dikunjungi - Klaten adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak keistimewaan dan juga beragam tempat wisata yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Kota yang terkenal dengan kuliner sop ayam khas Klaten ini memang mempunyai banyak tempat wisata terkenal terutama yang berhubungan dengan air maupun situs sejarah.


Daftar Tempat Wisata Terkenal di Klaten yang Wajib Dikunjungi

Lokasinya yang juga dekat dengan kota besar seperti Yogyakarta dan Solo membuat kota Klaten menjadi destinasi wisata favorit para traveler yang sedang berlibur di Jogja atau Solo. Dari sekian banyak tempat wisata di Klaten, ada beberapa yang sudah sangat populer dan wajib anda kunjungi ketika datang ke Klaten. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata terkenal di Klaten yang bisa anda kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Terkenal di Klaten


Umbul Ponggok

air umbul ponggok klaten asal usul umbul ponggok klaten arah ke umbul ponggok klaten dari solo asal mula umbul ponggok klaten apa itu umbul ponggok klaten wisata alam umbul ponggok klaten akses ke umbul ponggok klaten alamat umbul ponggok di klaten alamat tempat wisata umbul ponggok klaten tempat wisata air umbul ponggok klaten alamat kolam renang umbul ponggok klaten arah jalan ke umbul ponggok klaten foto bawah air umbul ponggok klaten umbul ponggok klaten biaya lokasi umbul ponggok klaten dari boyolali berapa kedalaman umbul ponggok klaten biaya snorkeling umbul ponggok klaten biaya diving di umbul ponggok klaten biaya masuk ke umbul ponggok klaten biaya foto di umbul ponggok klaten

Tempat wisata yang satu ini mungkin adalah destinasi wisata di Klaten yang sangat terkenal dan menjadi tempat wisata wajib jika berkunjung ke Klaten. Ya, Umbul Ponggok memang sudah sangat terkenal dan hits di kalangan wisatawan. Umbul atau mata air di sini sangat segar dan jernih dengan dasar kolam berupa pasir. Kolam dengan luas kurang lebih 6000 meter persegi ini dihuni oleh banyak ikan yang cantik. Jadi wisatawan yang berenang bisa sekaligus melihat pemandangan bawah air yang sangat cantik.

Yang unik dan sempat menjadi viral di sosial media adalah di Umbul Ponggok wisatawan dapat berfoto di bawah air dengan latar belakang berupa sepeda motor di dasar kolam. Tentunya pemandangan ini sangat jarang bisa dijumpai di tempat lain sehingga Umbul Ponggok menjadi sangat terkenal dan dicari oleh kalangan anak muda. Jika anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat ini, silakan datang saja ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Umbul Cokro

 umbul cokro tulung klaten lokasi sigedang peta manten sejarah denah rafting tiket waterboom tempat wisata biaya masuk rute ke obyek pemandian alamat

Ada umbul atau mata air lainnya di Klaten yang tak kalah terkenal dibanding Umbul Ponggok. Nama umbul tersebut adalah Obyek Wisata Mata Air Cokro (OMAC) atau yang biasa dikenal dengan nama Umbul Cokro. Tempat wisata di Klaten yang satu ini menawarkan pemandian dengan air berasal dari mata air sehingga sangat jernih dan segar.

Di tempat wisata ini juga terdapat berbagai wahana lain seperti flying fox sehingga akan memanjakan wisatawan yang datang ke tempat ini. Objek wisata yang terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten ini cukup populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Di hari libur atau akhir pekan, tempat wisata Umbul Cokro ini sangat ramai dikunjungi wisatawan jadi rekomendasi waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah selain hari libur dan weekend.

Di tempat wisata ini terdapat beberapa alternatif tempat berenang seperti di bagian bawah yakni kolam arus dengan air yang sangat jernih dan dasar berupa pasir dan batuan serta bagian atas yakni waterboom dan kolam renang.

Pemancingan Janti

pemancingan janti di klaten pancingan 1000 cokro polanharjo 100 alamat 47 tempat wisata peta lumintu 1001 rumah makan

Lokasinya yang dekat dengan kedua umbul diatas yaitu Umbul Ponggok dan Umbul Cokro membuat tempat wisata yang satu ini menjadi destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Kawasan Janti memang tidak berada jauh dari kedua obyek wisata diatas yakni hanya berjarak kurang lebih 10 kilometer saja ke arah utara.

Di kawasan ini, wisatawan akan dapat dengan mudah menemukan berbagai area pemancingan yang sekaligus disatukan dengan restoran dan wahana bermain anak. Apabila anda lelah setelah bermain air di pemandian, ada baiknya untuk mampir sejenak dan memancing ikan yang ada di pemancingan. Tak perlu repot untuk membawa alat pancing, anda juga bisa menyewa alat pancingnya sekalian. Hasil pancingan yang anda peroleh dapat langsung anda nikmati karena rata-rata pemancingan di Janti sudah terdapat koki yang siap memasak ikan tangkapan anda menjadi masakan yang lezat.

Umbul Kapilaler

umbul kapilaler klaten polanharjo alamat letak rute

Umbul di Klaten yang satu ini memang masih kalah populer jika dibanding dengan Umbul Cokro ataupun Umbul Ponggok meskipun lokasinya tak berjauhan. Umbul Kapilaler memiliki karakteristik seperti umbul lainnya di Klaten dengan dasar bebatuan dan pasir. Tempatnya yang tidak terlalu besar membuat umbul ini kurang diminati wisatawan.

Selain itu, umbul ini masih menjadi tempat mandi oleh sebagian masyarakat sekitar. Namun umbul ini memiliki air yang masih sangat jernih serta tiket masuk yang gratis sehingga cocok bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata tanpa harus membayar tiket masuk. Umbul Kapilaler dulunya merupakan pemandian putri dan masuk ke dalam wilayah Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.


Curug Luweng Sampang / Gantiwarno

curug luweng sampang jogja lokasi alamat rute

Untuk anda yang suka main air di alam bebas, mungkin air terjun ini bisa anda kunjungi ketika anda sedang berlibur ke Klaten. Sebenarnya air terjun ini masuk ke wilayah Yogyakarta yakni di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul. Namun letaknya begitu berdekatan dengan wilayah Klaten yaitu di kecamatan Gantiwarno.

Banyak masyarakat yang menyebut air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Luweng Sampang Gantiwarno karena lokasinya yang berbatasan. Air terjun ini memiliki air yang masih alami dan juga sangat jernih sehingga akan sangat segar jika dipakai untuk mandi.

Selain itu, batuan besar yang mengapit kolam air terjun memiliki tekstur yang unik yakni garis yang dihasilkan dari pengikisan air. Tentu tekstur batuan ini membuat curug ini terasa semakin unik. Dinamakan Luweng karena curug ini berada di batuan besar yang seolah-olah curug tersebut berada membelah batuan dan membentuk lingkaran sehingga dinamakan luweng.

Sungai Pusur

Sungai Pusur klaten body rafting

Masih mau bermain air dan basah-basahan? Yuk kunjungi tempat wisata di Klaten yang satu ini. Sungai Pusur ini merupakan sungai yang masih sangat jernih dan karakteristik aliran sungainya ini sangat cocok digunakan untuk river boarding.

Apabila anda berkunjung ke tempat ini, anda bisa melakukan river boarding atau menyusuri sungai yang melintasi beberapa desa di kecamatan Tulung. Waktu yang diperlukan untuk menyusuri sungai Pusur akan membutuhkan 3 jam dengan jarak yang lumayan jauh yaitu 10 kilometer.

Tantangan arus sungai yang ditawarkan juga bermacam-macam seperti arus deras, arus jeram, dan juga pelan. Ini tentu akan membuat adrenalin anda menjadi terpacu. Soal keselamatan, anda tak perlu mengkhawatirkannya karena terdapat pelindung tubuh yang akan melindungi tubuh anda serta terdapat 2 guide yang siap mendampingi anda saat menyusuri sungai ini.

Deles Indah

deles indah klaten jawa tengah map peta lokasi alamat rute gambar wisata alam jalan menuju hotel di penginapan tempat ke

Anda bosan dengan pemandangan kota yang cuma menyajikan pemandangan kendaraan saja? Cobalah berkunjung ke Deles Indah yang berada di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten. Saat tiba di sana, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah Gunung Merapi serta udara yang sejuk dan segar. Di Deles Indah, wisatawan dapat menikmati panorama puncak Gunung Merapi dengan aneka pepohonan hijau yang menghiasi.


Warung Apung Rowo Jombor

warung apung rowo jombor / jimbung wisata klaten wedi alamat peta di barokah ilham lagu

Jika anda lelah seharian berkunjung ke tempat wisata di Klaten dan ingin beristirahat sejenak sambil menikmati kuliner yang sedap, silakan datang ke Warung Apung Rowo Jombor yang berlokasi di Desa Jombor Krakitan, Kecamatan Bayat atau dari terminal Klaten ke arah timur. Pengunjung yang berkunjung ke tempat ini dapat menikmati aneka sajian kuliner yang terbuat dari ikan karena di Rowo Jombor sendiri terdapat banyak ikan yang dibudidaya oleh masyarakat setempat. Anda bisa menikmati kuliner yang ada sambil menikmati pemandangan rawa dari dalam warung yang terapung.

Candi Plaosan

candi plaosan jogja klaten dan ngawen merupakan yang dibangun oleh keturunan dinasti dimana peninggalan kerajaan sejarah didirikan raja pada tahun htm prambanan sunset jawa tengah tutup jam harga tiket adalah bercorak agama dari arah solo artikel arsitektur arca alamat rute akulturasi buka berasal budha lor bugisan kecamatan kabupaten di bangun dalam bahasa bagian bentuk

Wisata candi memang dengan mudah anda temui di Klaten. Selain Candi Prambanan yang sudah sangat terkenal, ternyata masih ada candi lainnya di Klaten yang wajib anda kunjungi ketika ada di Klaten. Candi tersebut adalah Candi Plaosan yang berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan atau dari Candi Prambanan ke arah timur.

Candi ini sedang menjadi perbincangan hangat di sosial media karena candinya yang indah serta instagramable. Jadi ketika anda berkunjung ke Candi Plaosan, anda akan dengan mudah menemukan spot foto terbaik. Selain digunakan untuk tempat wisata, ternyata candi ini juga sering dijadikan sebagai tempat pre-wedding karena lokasinya yang mudah dijangkau serta memiliki panorama yang apik.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata terkenal di Klaten yang bisa anda kunjungi ketika sedang berlibur di Klaten. Saat berlibur ke Klaten, jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner terkenal di Klaten seperti Sop Ayam Pak Min Klaten yang sudah sangat terkenal di Klaten dan sekitarnya.