Lokasi dan Rute Menuju Gunung Pilar Anyer Banten Dengan Spot Ayunan Langit

Lokasi dan rute Menuju Gunung Pilar Anyer Banten - Sebagai provinsi yang terletak paling ujung barat di Pulau Jawa, Banten telah memiliki berbagai macam obyek wisata yang populer seperti misalnya Taman Nasional Ujung Kulon. Seolah tak mau kalah dengan wilayah lain di Indonesia yang sedang mengembangkan industri pariwisata, Banten juga tak ketinggalan. Hasilnya, sebuah spot menarik di dataran tinggi yang kemudian disebut dengan nama Gunung Pilar Anyer Banten. Mendengar kata Anyer, yang pertama terlintas di pikiran kita tentu saja Pantai Anyer yang sudah sangat populer di kalangan para traveller. Dengan adanya obyek wisata baru  Gunung Pilar Anyer ini tentunya akan memberikan alternatif baru bagi para pemburu tempat wisata alam.

Meski “hanya” memiliki ketinggian kurang lebih 4oo mdpl atau tepatnya 430 mdpl, Lokasi Gunung Pilar Anyer Banten memiliki pemandangan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu karena obyek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai wahana-wahana menarik yang tentunya akan membuat obyek wisata ini semakin menarik. Seperti tipikal obyek wisata pegunungan atau dataran tinggi lainnya, landscape yang bagus menjadi daya tarik tersendiri dan view paling menarik di Gunung Pilar Anyer adalah Gunung Karang Pandeglang. Gunung Karang Pandeglang yang berdiri kokoh terlihat sangat gagah dengan dasar berwarna hijau karena lebatnya pepohonan .
Rute Menuju gunung Pilar Anyer banten
Rute Menuju gunung Pilar Anyer Banten
Selain pemandangan yang menarik, Lokasi Gunung Pilar Anyer Banten juga menyediakan spot serta wahana menarik bagi siapapun yang ingin mengabadikan momen ketika berada di Gunung Pilar. Beberapa wahana yang ada di Gunung Pilar adalah selfie deck, sky tree, serta yang menjadi favorit yaitu sky wing atau ayunan langit. Wahana ayunan yang tergantung di bibir jurang ini juga bisa ditemui di berbagai obyek wisata pegunungan lain di beberapa wilayah di Indonesia. Namun dengan latar belakang yang berbeda tentunya ayunan langit Gunung Pilar akan memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda. Satu hal, keberanian mutlak dibutuhkan bagi siapapun yang ingin mencoba wahana ini mengingat wahana ini terletak di bibir jurang yang cukup tinggi.

Lokasi Gunung Pilar anyer

Alamat Gunung Pilar Anyer Banten tepatnya terletak di Kampung Cibunut, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Dari kota Serang, obyek wisata Gunung Pilar bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 45 km ke arah barat. Lokasi Gunung Pilar Anyer masuk dalam kawasan obyek wisata Anyer. Selain Gunung Pilar Anyer, pengelola wisata setempat juga tengah mengembangkan obyek wisata lainnya yang tak kalah menarik yaitu obyek wisata Gunung Cibaja. Tentunya dengan adanya wisata baru selain Gunung Pilar di Desa Cikolelet ini akan membuat kawasan ini semakin ramai.

Rute Menuju Gunung Pilar Anyer Banten

Untuk menuju obyek wisata Gunung Pilar, rute yang ditempuh cukup mudah karena akses jalan sudah terakomodasi dengan baik. Namun untuk pengunjung yang menggunakan mobil pribadi atau kendaraan yang lebih besar belum bisa membawa mobilnya langsung menuju ke lokasi karena jalur menuju lokasi belumbisa diakses menggunakan mobil. Sebagai gantinya, pengelola telah menyediakan tempat parkir khusus mobil di pekarangan rumah warga dan menyediakan layanan ojek untuk langsung menuju ke lokasi Gunung Pilar. Ojek ini bisa disewa dengan membayar Rp 15.000 per orang.

Rute Gunung Pilar dari arah Cilegon atau Serang bisa langsung menuju ke jalan raya Anyer, kemudian setelah melewati kawasan wisata Pantai Anyer, sekitar 50 meter dari Masjid Al-Kautsar Cinangka pengunjung bisamengarahkan mobilnya ke arah kiri menuju kawasan perbukitan. Dari belokan tersebut pengunjung akan dimudahkan dengan banyaknya petunjuk yang akan memandu siapa saja yang ingin masuk ke obyek wisata Gunung Pilar.

Di sepanjang jalan menuju Gunung Pilar pengunjung masih harus menempuh jarak selama kurang lebih setengah jam dengan jalan perkampungan dan perbukitan. Yang perlu diperhatikan bagi siapapun yang ingin berkunjung ke Gunung Pilar, jalur perbukitan menuju obyek wisata ini lumayan licin terutama pada musim hujan seperti ini. Pengunjung yang membawa kendaraan bermotor roda dua bisa membawa kendaraannya langsung ke wilayah obyek wisata.


Harga Tiket Masuk Gunung Pilar Anyer Banten

Dengan membayar Rp 5.000 termasuk  parkir kendaraan roda dua, pengunjung bisa masuk dan menikmati pemandangan serta wahana yang telah tersedia di obyek wisata Gunung Pilar. Untuk menikmati wahana tersebut, terutama wahana ayunan langit disarankan agar tidak mengayunkan ayunan terlalu kencang karena keamanan ayunan ini belum terjamin namun untuk sekedar menaiki tanpa mengayun wahana ini sudah cukup aman. Untuk wahana ayunan langit, pengunjung akan dikenakan biaya lagi.